Selamat datang di WeBlog Imaduddin.B, Amd.AK

Kamis, 01 Januari 2009

RUH BUDAYA

Dalam surat Syuraa ayat 51 dikatakan bahwa Al - Qur'an merupakan sebuah ruh. dalam naungan wasit Rasulullah, bahwa Al - qur'anul karim ialah kitab Allah yang dibawa turun Ar-ruh Al-amin kepada hati Rasul-NYA yang mulia sebagai petunjuk dan rahmat bagi alam semesta. Ia adalah kitab agung yang tidak akan bercampur dengan kebatilan, baik dari depan maupun dari belakangnya. Sebab, ia adalah ruhnya umat ini yang menjaga kehidupan yang mulia. Ia adalah tali Allah yang kokoh, cahaya-NYA yang terang, peringatan yang penuh hikmah, dan jalan yang lurus.

Al-qur'an ini merupakan sumber Ilmu utama bagi kaum muslimin, merupakan sejenis tenaga yang dapat membangkitkan pearaban/kebudayaan yang oleh Allah tentukan, namun jika kita tidak mampu untuk menguasainya sebagai pedoman untuk hidup kita, maka kita tidak akan mempunyai Iman.
Hati kita butuh sebuah pegangan hidup, agar tidak dapat mudah terombang - ambing dengan kenyataan hidup yang sebenarnya. Kenapa Al-qur'an? karen Al-qur'an ialah kitab yang tak bisa diselewengkan hawa nafsu dan tak akan bisa disamarkan oleh lisan - lisan. Para ulama tak akan merasa kenyang darinya, tak akan ada yang bisa menggantikannya meski banyak ditentang, serta tak akan habis keajaibannya. Siapa yang berkata dengannya ia benar, siapa yang menghukum dengannya ia adil, siapa yang mengamalkannya ia akan diberi pahala, dan siapa yangmeneru kepadanya ia akan diberi petunjuk menuju jalan yang lurus. Rasulullah pun berwasiat kepada kita dengan Al-qur'an agar kita mempelajari, menjaga, selalu membaca, mentadaburi dan mengamalkannya.

Tidak ada komentar: